Banyu Anget

Dibuat tanggal 11 Aug 2022, oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga
4.3
Sungai

Banyu Anget berlokasi di Desa Karang Rejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Banyu Anget sejatinya adalah pemandian air panas. Dalam Bahasa Jawa, ‘banyu’ berarti air, sedangkan ‘anget’ artinya hangat. Banyu Anget berbeda dengan sumber air belerang pada umumnya. Keunikannya yaitu sumber air di Banyu Anget tidak berbau belerang. Airnya jernih persis seperti air sungai atau sumur biasa. Suhu pemandian Banyu Anget dapat mencapai 40 derajat celcius. Banyak orang meyakini air panas di sini sanggup untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti rematik, pusing, stroke, dan lainnya.

Banyu Anget memiliki tiga kolam utama berukuran besar, satu kolam induk dan kolam kecil untuk anak-anak. Masing-masing kolam memiliki suhu yang berbeda. Ada yang hangat kuku, ada pula yang membuat gerah. Jika kolam dirasa sudah tidak hangat, pengelola akan menguras airnya dan digantikan dengan air baru dari kolam induk yang suhunya paling tinggi. Masing-masing kolam juga memiliki kedalaman yang bervariasi. Mulai dari sebatas paha hingga satu setengah meter. Aturan yang berlaku di pemandian Banyu Anget yaitu pengunjung dengan penyakit kulit dilarang masuk kolam. Selain itu, tidak diperkenankan juga mandi menggunakan sabun serta shampo. Tujuannya agar kolam tidak semakin kotor. Untuk kebutuhan bilas, pengelola sudah menyediakan beberapa pancuran air dingin dan panas di sekitar kolam.

Harga Tiket

10000

Keadaan Lokasi dan Cara Tempuh

Pemandian air hangat Tirta Husada atau yang di kenal oleh masyarakat setempat dengan banyu anget (Bahasa jawa) terletak di Jl. Arjosari-banyu anget, desa karangrejo, kecamatan arjosari, kabupaten pacitan provinsi jawa timur jarak tempuh dari arah kota pacitan sekitar 15 KM dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.  Jika berkendara dengan mobil waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 24 menit. 

Galeri
Lokasi

© 2022 AKN Pacitan