Pantai Banyu Tibo

Dibuat tanggal 04 Oct 2022, oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga
4.5
Pantai

Pantai banyu tibo punya suasana dan pemandangan yang berbeda. Di pantai ini terdapat sebuah fenomenan alam yang cukup unik dan jarang yakni sebuah air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Fenomena dan pemandangan ini menjadi daya tarik utama  Pantai banyu tibo. Pantai banyu tibo Pacitan ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Bahkan pemandangan ini termasuk jarang Anda temui ketika berlibur ke pantai, yaitu sebuah fenomena alam berupa air terjun yang langsung jatuh ke pantai, yang mana menjadi daya tarik utama bagi anda yang datang ke pantai ini. Tentu pemandangan seperti itu tidak bisa Anda jumpai di setiap pantai, dan di pantai ini lah Anda dapat melihatnya secara langsung. 
Nama " Pantai banyu tibo ” sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti air yang terjatuh. Nama ini berasal dari air terjun yang berada di pantai tersebut. Air terjun ini seakan sudah menjadi identitas dan ikon bagi  Pantai banyu tibo  di kabupaten pacitan itu sendiri. Jadi, di pantai ini suasana keindahan pantai bertemu dengan indahnya air terjun pegunungan yang mana Pacitan itu sendiri dikelilingi oleh berbagai gunung dari segala penjuru. Bahkan Anda harus bertemu dengan pegunungan terlebih dahulu jika Anda ingin menuju Pacitan, entah dari arah manapun juga.Luas dari  Pantai banyu tibo  sendiri sebenarnya tidak terlalu luas, bahkan jika anda datang saat air laut sedang pasang, anda hanya bisa menikmati pemandangan dari atas tebing. Namun saat air sedang surut anda bisa dengan leluasa bermain di pantai dengan pasir putih kecoklatan yang lembut juga merasakan segarnya air terjun dari dekat. Bebatuan yang ada di sekeliling pantai ini juga menambah keindahan alami yang makin membuat para anda jatuh cinta.

Harga Tiket

10000

Keadaan Lokasi dan Cara Tempuh

Pantai Banyu Tibo berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Tepatnya di sebelah barat Kabupaten Pacitan atau sekitar 40 km dari pusat kota Pacitan.  Kalau dari Jakarta sih bisah makan waktu 10-12 jam, tapi perjalanan Trippers akan berkesan karena bisa lebih mengenal 'daerah sendiri'. Kalau dari Solo atau Jogja perjalanannya bisa sekitar 2-3 jam. Untuk Rute dari Solo ada dua jalur yang bisa dilewati, yaitu Wonogiri -sukoharjo atau Wonogiri-Pracimantoro. Kedua jalur tersebut sam-sama mulus tapi yang paling disarankan adalah melalui Wonogiri-Pracimantoro, sampai di Pasar Pracimantoro ambil arah ke Giritontro lalu ambil arah kiri keterminal bis Giri Belah, lalu masuk kejalan Paranggupito sampai ke Jl. Raya Pantai Nampu Kalak lalu ikuti papan penunjuk arah yangsudah terpasang. Kontur jalan yang berkelok-kelok namun halus, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir apabila ingin mengunjungi tempat wisata Pantai Banyu Tibo ini. Walaupun jalan yang terbilang halus namun tetap harus berhati-hati, terutama yang berkendara saat sore hari menjelang malam karena untuk penerangan jalannya sendiri masih tergolong minim. 


_________
Sumber :
https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/pantai-banyu-tibo-yang-tersembunyi-di-pacitan-jawa-timur.html
https://www.pantainesia.com/pantai-banyu-tibo
https://www.rumahkomunitas.com/article/pesona-pantai-dengan-air-terjun-pantai-banyu-tibo
https://wisatarakyat.com/pantai-banyu-tibo-pacitan/
https://piknikwisata.com/jatim/pacitan/pantai/banyu-tibo/
http://www.wisataoke.com/2019/10/pantai-banyu-tibo-pacitan.html
https://www.trivindo.com/tempat-wisata/pantai-banyu-tibo-pacitan-pacitan.html

Galeri
Lokasi

© 2022 AKN Pacitan