Pantai Buyutan

Dibuat tanggal 11 Aug 2022, oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga
4.7
Pantai

Pantai Buyutan berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Sebelum sampai Pantai Buyutan, pengunjung akan melewati perkebunan kedelai. Kebun kedelai ini begitu luas dengan warna hijau bercampur kuning. Perkebunan kedelai ini biasanya bagus pada Bulan April hingga Mei karena curah hujan sudah mulai berkurang. Ketika puncak musim hujan, maka kebun kedelai berubah menjadi area persawahan.

Sebelum melewati turunan, Pantai Buyutan terlihat begitu menawan dari ketinggian. Garis pantai pasir putih memanjang berpadu dengan warna biru air laut dan angkasa, serta perbukitan hijau terlihat begitu indah. Jika membawa lensa tele, maka barisan tebing tepi laut yang memanjang ke arah barat akan turut terlihat menghias pandangan. Salah satu keunikan di Pantai Buyutan adalah adanya gugusan batu karang di area lepas pantainya. Karang itu pun memiliki namanya masing-masing, yakni Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong, dan Watu Narada.
Khusus Watu Narada, penamaannya tidak lepas dari legenda yang ada di Pantai Buyutan. Bentuk batu itu menyerupai mahkota. Konon legendanya batu itu adalah mahkota Dewa Narada dalam pewayangan Jawa. Diceritakan ketika ia terbang di atas Pantai Buyutan, mahkotanya terjatuh. Oleh karena itu batu karang mirip mahkota itu pun dinamai Watu Narada.

Selain keindahan alamnya, Pantai Buyutan juga memiliki potensi paralayang. Menikmati keindahan Pantai Buyutan dari udara tentunya adalah hal yang ekstrim. Perpaduan antara pemandangan elok dengan tantangan terbang di atas samudera akan diperoleh jika wisatawan mengunjungi Pantai Buyutan.

Harga Tiket

10000

Keadaan Lokasi dan Cara Tempuh

Pantai Buyutan Kabupaten Pacitan Jawa Timur Indonesia ini tepatnya berada Dusun Tumpak Watu, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Tepatnya sekitar kurang lebih 30 km dari Alun – Alun Pacitan, atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar setengah sampai 1 jam dengan perjalanan darat baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Galeri
Lokasi

  • Avatar

    restu@rst.com

    Bagus

  • Avatar

    bagus@gmail.com

    Mantab

© 2022 AKN Pacitan