Pantai Pangasan

Dibuat tanggal 03 Oct 2022, oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga
4.7
Pantai

Pantai pangasan merupakan destinasi wisata pantai baru yang sedang hangat-hangatnya di bicarakan di media sosial.  Daya tarik utama yang disuguhkan pantai ini adalah keberadaan tebing batu menjulang tinggi yang ada di pantai ini.  Tebing batu ini berada di sebelah barat pantai, dimana pengunjung menyebutnya sebagai landmark ciri khas dari Pantai Pangasan. Di pinggir pantai juga terdapat pesawahan, serta bebatuan besar membuat pemandangannya semakin epik. Spot tersebut menjadi ciri khas Pantai Pangasan. Alamat pantai Pangasan tepatnya berada  di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Pangasan terhitung tidak terlalu jauh dengan Kota Pacitan karena untuk dapat sampai ke Desa Kalipelus hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja. 

Harga Tiket

5000

Keadaan Lokasi dan Cara Tempuh

Alamat pantai Pangasan tepatnya berada di Desa Kalipelus, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Pangasan terhitung tidak terlalu jauh dengan Kota Pacitan karena untuk dapat sampai ke Desa Kalipelus hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja. Namun perjalanan untuk mencapai pantainya membutuhkan banyak perjuangan. Dari arah pusat Kota Pacitan menuju Pantai Pangasan Anda bisa mengikuti jalur JLS (Jalan Lintas Selatan). Tepat sebelum fly over Gayam belok kiri dan masuk ke pertigaan yang menanjak, lalu jalan menikung ke kanan sampai ke pasar Gayam. Dari Pasar Gayam lurus hingga melewati fly over, dan lurus terus ikuti jalan utama. Setelah jalan menanjak dan Anda akan menemukan gapura masuk Desa Klesem dimana ada pertigaan lurus terus (jika belok Anda akan menuju ke Pantai Kaliuluh). Ikuti jalan beraspal hotmix hingga Anda menemukan pertigaan ke arah balai desa kalipelus. Pada simpang tiga ini Anda harus belok kiri dan kemudian Anda akan menjumpai simpang tiga lagi dan belok ke kiri lagi. Selanjutnya Anda akan melewati  SD di kanan jalan yang disusul balai desa Kalipelus setelah itu jalan akan mulai menurun. Ambil jalan jalur utama dimana Anda akan menemukan pertigaan silahkan belok ke kiri dan Anda akan bertemu dengan pertigaan lagi yang kali ini belok kanan. Sebenarnya bisa ambil 2 jalur kanan atau kiri karena menuju ke jalan yang sama, tapi jalur kanan lebih enak jalanya. Selanjutnya Anda akan menemukan pertigaan lagi lalu belok kiri yang kemudian Anda akan melewati jalan yang masih berupa tanah menyusuri punggungan bukit. Kemudian setelah menyusuri bukit Anda akan menemukan perempatan ambil jalur kiri dan ikuti terus jalan setapak tersebut hingga habis . Dari area parkir kendaraan, perjalanan selanjutnya ditempuh dengan jalan kaki menyusuri area persawahan yang kemudian masuk ke area hutan tropis. Jalanan akan terus menurun hingga berakhir di kawasan Pantai Pangasan.

_________
Sumber :
https://www.pantainesia.com/pantai-pangasan
https://www.idntimes.com/travel/destination/annisa-nur-fitriani-1/pantai-pangasan-surga-tersembunyi-di-pacitan-c1c2?page=all
https://www.yanacircle.com/2021/10/pantai-pangasan-pacitan.html
https://jadesta.kemenparekraf.go.id/atraksi/pantai_pangasan

Galeri
Lokasi

© 2022 AKN Pacitan