Pantai Taman

Dibuat tanggal 11 Aug 2022, oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga
4.3
Pantai

Pantai Taman berlokasi di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Pesisir Pantai Taman Pacitan adalah salah satu kawasan pesisir yang sering digunakan Penyu untuk bertelur. Ada beberapa spesies penyu yang sering bertelur dikawasan ini, yaitu penyu hijau, penyu abu-abu, penyu sisik dan penyu blimbing. Konservasi penyu ini mulai dijalankan pada tahun 2013 melalui kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang. Tempat konservasi penyu ini merupakan tempat perkembangbiakan penyu dari mulai telur hingga penetasan dan juga perawatan penyu,hingga pelepasan penyu juga dilakukan oleh kelompok konservasi penyu di pantai Taman Pacitan ini. Adapun jenis penyu yang dilestarikan adalah penyu hijau (Chelonia mydas) dan sisik (Eretmochelys imbricata). Konservasi penyu juga berimbas positif bagi peningkatan kunjungan wisatawan. Konservasi penyu ini juga berfungsi menjadi wisata edukasi. Pengunjung dapat melihat penyu lebih dekat dan belajar bagaimana caranya merawat penyu, melihat telur penyu dan perkembangbiakan penyu yang ada di Pantai Taman.

Pantai Taman juga memiliki wahana ekstrim flying fox yang diminati pengunjung untuk berpetualang. Start dari jalur flying fox yaitu berada di tebing tinggi sebelah barat Pantai Taman. Wahana ini di resmikan oleh Bupati Pacitan pada tanggal 9 september 2013. Flying fox ini panjangnya 415 meter dengan ketinggian 74 meter dengan kekuatan teknik 2.5 ton. Kecepatan luncur flying fox ini yaitu 50km/jam dengan waktu tempuh 30 detik yang dilengkapi dua jalur kabel yang menurut pengelola masing-masing berkekuatan 2500 kg. Pengunjung dapat menikmati keindahan berada dipuncak tebing tinggi tersebut.

Harga Tiket

5000

Keadaan Lokasi dan Cara Tempuh

Pantai Taman Pacitan terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.  Pantai Taman Pacitan terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Letaknya di sebelah Pantai Bawur yang telah di jadikan sebagai PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dan beberapa menit ke arah timur dari arah kawasan Pantai Soge. Akses menuju Pantai Taman dari pusat kota Pacitan ke arah timur melalui jalur lintas selatan sampai kecamatan Ngadirejo, Pacitan. Selanjutnya cari papan petunjuk arah menuju Pantai Taman di pinggir jalan, ikuti arahnya hingga sampai di lokasi tujuan. Akses jalan menuju ke Pantai Taman yang ada di Pacitan ini melewati gang jalan perkampungan warga setempat.

Galeri
Lokasi

  • Avatar

    berlian@aknpacitan.ac.id

    Indah

  • Avatar

    disparporapacitan@gmail.com

    Keren

© 2022 AKN Pacitan