Sentono Gentong

Dibuat tanggal 05 Oct 2022, oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga
4.6
Bukit

Sentono Gentong memiliki pemandangan terbuka ke arah Teluk Pacitan yang tampak begitu menajkubkan. Terlihat pula pasir putih Pantai Teleng Ria hingga Pantai Pancer Dor bagaikan bulan sabit. Kota Pacitan juga tampak cantik dari ketinggian. Keindahannya kian berpadu dengan barisan perbukitan yang mengelilinginya bagai dinding raksasa. Awan tipis yang sesekali melayang di atasnya semakin menambah syahdu pemandangan. Sentono Gentong juga cocok digunakan untuk event paralayang. Pada tahun 2018 lalu diadakan Liga Paralayang seri 3 dimana dengan penyelenggaraan acara itu juga dimaksudkan untuk semakin mempromosikan wisata Sentono Gentong. Ketika malam tiba, keindahan panorama dari Sentono Gentong pun belumlah usai. Gemerlap cahaya lampu Kota Pacitan terlihat bagai bintang dunia. Saat langit cerah, bintang di langit juga akan semakin menghias pemandangan di depan mata. Keindahana Sentono Gentong dapat dilihat dari pagi sampai malam hari. Disentono Gentong tersedia fasilitas yang sangat memadai dari toilet, mushola, warung makan sehingga membuat kita menjadi betah disini, dan kalau malam hari kita juga bisa mendirikan tenda bagi yang suka camping bersama teman-teman. Sentono Gentong berlokasi di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Jarak dari pusat Kota Pacitan tidak begitu jauh, yakni hanya sekitar 13 kilometer. Waktu tempuhnya kurang-lebih setengah jam karena harus melalui medan perbukitan. Rute termudah menuju Sentono Gentong dari Kota Pacitan adalah melalui Jalan Raya Tompak Rinjing menuju Desa Dadapan. Menjelang sampai Balai Desa Dadapan, akan dijumpai plang penunjuk jalan sederhana menuju lokasi tujuan.

Harga Tiket

10000

Keadaan Lokasi dan Cara Tempuh

Yogyakarta – Gunungkidul – Wonogiri – selanjutnya ikuti saja , arah menuju kota pacitan, setelah sampai Kawasan kecamatan pringkuku dan menemukan kantor balai desa dadapan ambil kiri memasuki gang lurus saja terus maka kamu akan sampai lokasi.  Kemudian untuk rute dari kota pacitan adalah dengan melalui jalan Tompak Rinjing menuju desa dadapan, setelah sampai Balai desa Dadapan kamu akan melihat plang petunjuk untuk memasuki loasi sentono gentong, jalan dari balai desa menuju lokasi memang tidak terlalu luas, meskipun begitu mobil pribadi dan motor masih bisa untuk melewatinya. 


_________
Sumber :
https://wisatarakyat.com/sentono-gentong-pacitan/
https://kumparan.com/bangsaonline/mengenal-sentono-gentong-tempat-singgah-ulama-kalingga-selatan-di-pacitan
https://travel.kompas.com/read/2018/11/10/110900927/sentono-gentong-memandang-indahnya-pacitan-dari-ketinggian?page=all
https://pacitanku.com/2018/05/17/sentono-gentong-ditutup/
https://pacitanku.com/2019/05/14/ada-wisata-naik-paralayang-saat-lebaran-di-sentono-genthong-tertarik/
https://travel.kompas.com/read/2021/05/31/210100327/jam-buka-dan-harga-tiket-wisata-sentono-gentong-pacitan-2021?page=all
https://www.pacitantrip.com/2018/08/sentono-gentong-pacitan.html
https://dayanasweet137.blogspot.com/2019/12/sentono-gentong-memandang-indahnya-bumi.html
https://travelingyuk.com/amp/sentono-genthong-di-pacitan/109448

Galeri
Lokasi

© 2022 AKN Pacitan